Home

Usai Curacao, PSSI Ingin Timnas Indonesia Lawan Negara Ranking 60-an

Kompas.com | 2 months ago

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berencana mencari negara dengan ranking FIFA di bawah 60 untuk lawan timnas Indonesia.

Hal itu disampaikan Mochamad Iriawan setelah laga uji coba kedua timnas Indonesia vs Curacao, Selasa (27/9/2022) malam WIB.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan timnas Indonesia.

Ini adalah keberhasilan kedua timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong mengalahkan Curacao yang kini menempati peringkat ke-84 dalam ranking FIFA.

Pada laga uji coba pertama akhir pekan lalu, timnas Indonesia sukses mempermalukan Curacao juga dengan selisih satu gol 3-2.

Dua kemenangan itu tentu membanggakan mengingat ranking FIFA timnas Indonesia masih jauh di bawah Curacao.

Berdasarkan update ranking FIFA per 25 Agustus 2022, timnas Indonesia masih berada di luar 100 besar tepatnya peringkat ke-155.

Seusai laga uji coba kedua kontra Curacao, Shin Tae-yong sangat berharap timnas Indonesia mendapatkan lawan yang lebih kuat dari Curacao pada FIFA Matchday selanjutnya.

Mendengar permintaan Shin Tae-yong itu, Mochamad Iriawan memberi respons positif.

Mochamad Iriawan menyatakan PSSI akan berusaha mencari lawan yang lebih kuat daripada Curacao untuk timnas Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, Mochamad Iriawan mengincar negara penghuni peringkat 60 ke bawah untuk FIFA Matchday selanjutnya.

"Untuk lawan masih kami diskusikan. Saya minta lawannya punya ranking lebih tinggi dari sekarang (Curacao)," ujar Mochamad Iriawan.

"Saya meminta di bawah 60, tapi saya serahkan ke direktur teknik dan tim kepelatihan timnas Indonesia," ujar Mochamad Iriawan.

"Saya pasti ingin lawan yang berat dan lebih tinggi ranking-nya," tutur sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu menambahkan.

Kompas.com menilai PSSI harus memilih negara Asia yang punya peringkat di atas Curacao ketika mencari lawan untuk timnas Indonesia.

Sebab, timnas senior Indonesia asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan mengikuti Piala Asia 2023 tahun depan.

Adapun jadwal FIFA Matchday atau jeda internasional selanjutnya berlangsung pada 20-28 Maret 2023 atau sekitar tiga bulan sebelum Piala Asia 2023.

Menilik pernyataan Mochamad Iriawan, PSSI setidaknya memiliki lima opsi jika ingin memilih negara Asia dengan peringkat di bawah 60 dan di atas Curacao.

Lima opsi itu adalah Uni Emirat Arab (ranking 69), Irak (70), Oman (75), Uzbekistan (77),dan China (78).

Sama seperti timnas Indonesia, lima negara di atas juga merupakan peserta Piala Asia 2023.

Pengalaman menghadapi sesama negara Asia tentu menjadi modal baik untuk timnas Indonesia sebelum tampil di Piala Asia 2023.

Adapun agenda timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong selanjutnya adalah mengikuti Piala AFF 2022 yang akan bergulir akhir tahun ini.

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Otoritas AS Terus Anggap TikTok Berbahaya

Kompas.com

Tarian Pikachu Ramaikan Opening Ceremony Pokemon Festival Jakarta!

Duniagames

Menilik Berbagai Teori Masuknya Islam ke Indonesia

IDN Times

Kunjungi Toyota Wonderland, Dapatkan Subsidi Hingga Rp5 Juta dari Toyota Trust

Rakyatku

Pesawat Mendarat Darurat gara-gara Penumpang Berpura-pura Melahirkan

TribunWiki

Tulis komentar...