Home

9 Anime 90-an yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

IDN Times | 1 week ago

Setiap tahun, Jepang merilis banyak judul anime. Lantas, selalu ada beberapa anime yang menjadi hits dan laris pada tahun tersebut. Gak heran, anime lama mulai terlupakan.

Meski begitu, hal tersebut tidak berlaku bagi sembilan anime di bawah ini. Meskipun dirilis pada zaman anime belum sepopuler sekarang, kesembilan anime di bawah ini tidak pernah luput dari ingatan para penggemar anime. Bahkan, anime-anime ini masih ditonton sampai sekarang, lho. Berikut sembilan anime 90-an yang tak pernah lekang oleh waktu. Simak ulasan berikut.

 

9. One Piece (1999)

Luffy memakan Buah Iblis. (dok. Toei Animation/One Piece)

Dimulai sejak 1999, One Piece adalah anime lintas generasi yang sudah berjalan selama lebih dari 2 dekade. Hingga kini, One Piece masih menjadi anime yang digemari, baik oleh penggemar anime lama maupun baru. Jumlah penggemar One Piece pun terus meningkat, apalagi versi live action-nya kini sedang trending.

Sejak sang Raja Bajak Laut, Gold Roger, dieksekusi, era baru bernama era Bajak Laut Besar dimulai. Orang-orang mulai pergi berlayar untuk mencari harta karun yang ditinggalkan oleh Roger, yaitu One Piece. Alur ceritanya mengikuti perjalanan Monkey D Luffy yang memulai Bajak Laut Topi Jerami untuk mencari One Piece.

 

8. Pokémon (1997)

Ash Ketchum (dok. OLM/Pokémon)

Sama seperti One Piece, Pokémon juga merupakan anime lintas generasi yang sudah dimulai sejak 1997. Meskipun komunitas penggemarnya tidak sebesar One Piece, judul Pokémon tetap tidak asing di telinga para penggemar anime. Anime ini sendiri mengikuti perjalanan Ash Ketchum, juga dikenal sebagai Satoshi atau Ali, yang ingin menjadi pelatih Pokémon terbaik yang pernah ada.

7. Rurouni Kenshin (1996)

Rurouni Kenshin (dok. Studio Deen/Rurouni Kenshin)

Juga dikenal dengan judul Samurai X, Rurouni Kenshin dimulai pada 1996 dan berakhir pada 1998. Ceritanya mengikuti seorang mantan pembunuh bayaran, Kenshin Himura. Setelah memutuskan berhenti membunuh orang lain, Kenshin mulai menggunakan kekuatannya untuk melindungi yang lemah. Namun, setiap kali dirinya memulai hidup yang baru, masa lalunya selalu datang menghampiri.

6. Berserk (1997)

tanda Brand of Sacrifice Guts (dok. OLM/Berserk)

Meskipun tidak sebagus manganya, Berserk tetap menjadi anime 90-an yang masih terkenal hingga sekarang. Berserk sendiri cukup terkenal karena menampilkan cerita yang gelap dan suram. Anime ini berfokus pada tentara bayaran bernama Guts yang pergi dari kota ke kota untuk membunuh orang lain.

5. Yu Yu Hakusho (1992)

Yusuke menyelamatkan seorang anak. (dok. Pierrot/Yu Yu Hakusho)

Digarap oleh studio Pierrot, Yu Yu Hakusho merupakan salah satu seri terbaik karya Yoshihiro Togashi. Manganya pertama kali rilis pada 1990 dan mendapatkan adaptasi anime pada 1992. Ceritanya mengikuti Yusuke Urameshi yang menjadi detektif di dunia roh untuk bisa hidup kembali ke dunia.

4. Slam Dunk (1993)

Slam Dunk (dok. Toei Animation/Slam Dunk)

Saat ini, mungkin ada banyak anime olahraga terbaik yang bisa disebutkan. Namun, pada era 90-an, Slam Dunk adalah yang terbaik. Anime ini menceritakan Hanamichi Sakuragi, anak SMA yang menjadi pemain basket hanya untuk membuat gadis yang ia sukai terkesan.

3. Neon Genesis Evangelion (1995)

Neon Genesis Evangelion (dok. Gainax/Neon Genesis Evangelion)

Terlepas dari kepopulerannya, Neon Genesis Evangelion adalah anime yang cukup kontroversial pada eranya. Anime ini sempat mendapatkan beberapa kecaman karena ceritanya yang terlalu gelap. Anime ini berfokus pada Shinji Ikari, seorang remaja yang dipaksa menjadi pilot robot raksasa Evangelion. Shinji dipaksa bertarung melawan makhluk misterius yang menginvasi Bumi bernama Angel.

2. Great Teacher Onizuka (1999)

Eikichi Onizuka (dok. Pierrot/Great Teacher Onizuka)

Biasa disingkat menjadi GTO, Great Teacher Onizuka adalah anime sekolah yang sangat populer pada masanya. Anime ini berfokus pada seorang guru bernama Eikichi Onizuka. Sebagai guru, Onizuka menggunakan pengalamannya sebagai gangster untuk mengajari muridnya.

 

1. Cowboy Bebop (1998)

Cowboy Bebop (dok. Sunrise/Cowboy Bebop)

Pada urutan pertama, tentunya ada anime karya Shinichiro Watanabe, Cowboy Bebop. Sementara animenya dirilis pada 1998, anime ini mengambil latar di luar angkasa pada 2071. Anime ini sendiri mengikuti perjalanan luar angkasa sekelompok bounty hunter yang bertahan hidup dengan memburu hadiah dari menangkap penjahat.

Jika dibandingkan dengan anime modern, animasi anime 90-an memang belum sebagus sekarang. Meski begitu, kesembilan anime di atas berhasil menyajikan cerita yang berkesan. Semuanya pun masih dikenal meski 2 dekade sudah berlalu. Dari kesembilan anime di atas, anime mana yang paling berkesan?

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Rekomendasi Artikel

Eks Kepala Sekolah di Konawe Meninggal Dunia Tertimpa Pohon, Videonya Beredar

Tribunnews

Ngeri! Selebgram Cantik Ini Ngaku Disantet Usai Tolak Cinta, Dikirim Gulungan Kain Kusam Bau Busuk: Mirip Darah

GridID

Hasil Lengkap Piala Liga Inggris - Man City Rasakan Kekalahan Perdana, Chelsea Mulai Bangkit

Bolasport

Codeblu Tegaskan Laporan Hukumnya Akan Terus Berjalan Sampai Farida Nurhan Tutup Akun IG dan TikTok

Liputan6

Pesan Menyentuh Putri Ariani di Panggung AGT 2023: Kita di Dunia Ini Setara

Liputan6

Tulis komentar...