Home

Waspada! Ini Dampaknya Jika Sering Memaksa Bayi Makan, Ma

POPMAMA.COM | 1 month ago

Selama masa perkembangan, bayi yang memasuki usia 6 bulan mendapatkan asupan nutrisi melalui MPASI dan ASI. Memberikan MPASI kepada si Kecil sering kali membutuhkan kesabaran. Tidak semua bayi mau dengan sukarela mengonsumsi semua makanan yang disodorkan.

Jika bayi Mama selalu makan dengan lahap semua yang disodorkan kepadanya, Mama beruntung. Tetapi bagaimana jika si Kecil picky eater? Terlalu sering menolak makanan atau makan terlalu sedikit dapat membuat bayi kekurangan nutrisi. Ini pada akhirnya dapat menghambat tumbuh kembangnya.

Tetapi apakah Mama harus memaksa bayi makan? Alih-alih makan, si Kecil mungkin akan menangis atau makanan tidak tersentuh sama sekali. Memaksa bayi makan juga berisiko untuknya, Ma.

Ulasan Popmama.com kali ini akan membahas soal dampak memaksa si Kecil makan dan tips pemberian MPASI. Ayo disimak, Ma!

1. Trauma

Freepik/cookie_studio

Saat Mama memaksa bayi untuk makan rasa tertekan mungkin akan muncul karena dipaksa untuk mengonsumsi makanan yang tidak ia suka.

Bila terus-menerus ini dilakukan terus-menerus, si Kecil akan mengasosiakan makan dengan kegiatan yang tidak mengasyikkan dan penuh omelan Mama. Alih-alih makan dengan senang hati, paksaan dapat menyebabkan ia trauma dan menolak makanan yang diberikan.

2. Selera makan menurun

Freepik/freepik

Memaksa bayi untuk makan bisa membuat ia kesal. Apalagi jika Mama kehilangan kesabaran dan marah-marah, si Kecil jadi kehilangan selera makan. Bukannya kenyang, bayi jadi tidak ingin makan. Bila ini terjadi terus-terusan maka bayi berisiko kekurangan nutrisi, Ma.

3. Muncul masalah kesehatan

Freepik/rawpixel.com

Trauma pada makanan dan tidak berselera untuk makan dapat menyebabkan si Kecil mengalami kekurangan gizi. Padahal di masa-masa ini, bayi tumbuh dan berkembang dengan cepat sehingga membutuhkan asupan nutrisi harian yang cukup.

Tips Agar si Kecil Mau Makan

freepik.com

Memberikan makan untuk bayi terkadang membutuhkan trik khusus, terutama bagi bayi yang susah makan. Berikut beberapa tips yang dapat Mama lakukan saat pemberian makan bayi:

  • Gunakan peralatan makan yang menarik untuk meningkatkan semangat makannya. Mama bisa memilih perlengkapan makan dengan warna menarik atau bergambar lucu.
  • Jika si Kecil sudah bisa memilih makanan, ajukan beberapa pilihan makanan. Si Kecil susah makan mungkin karena ia tidak menyukai makanan tertentu.
  • Hindari pemberian cemilan menjelang jam makan. Ini akan membuatnya kenyang dan menolak makan saat waktunya makan.
  • Saat memberikan jenis makanan baru, coba dalam jumlah kecil dulu ya, Ma. Selain itu, berikan makanan tersebut bersamaan dengan makanan kesukaannya.
  • Biasakan makan bersama dengan si Kecil. Selain ia akan melihat contoh dari Mama, si Kecil juga mungkin akan tertarik dengan makanan yang Mama konsumsi.
  • Jika si Kecil menolak untuk makan, jangan menyerah. Mungkin ia masih kenyang. Cobalah beberapa saat lagi.

Jika Mama sudah melakukan beberapa tips di atas dan masalah ini memengaruhi pertambahan berat badannya, konsultasikan dengan dokter ya, Ma.

Apakah bayi Mama juga sering menolak untuk makan? Apa yang Mama lakukan untuk mengatasinya?

Lihat Sumber

  • 0

  • 0

Tulis komentar...